Indahnya Berbagi

Minggu, 27 Januari 2013

Perbedaan dan Persamaan Website Dengan Blog


Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Website atau situs juga dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website. Contoh website statis adalah berisi profil perusahaan, sedangkan website dinamis adalah seperti Friendster, Multiply, dll. Dalam sisi pengembangannya, website statis hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja, sedangkan website dinamis bisa diupdate oleh pengguna maupun pemilik.

Perbedaan Blog dan Website
Blog adalah asal kata dari Weblog yang merupakan bagian dari kelompok website juga. Blog berisi konten halaman yang selalu terupdate (dinamis). Blog biasanya digunakan untuk keperluan pribadi misalnya menulis jurnal, pengalaman pribadi, pengetahuan dan sebagainya. Blog sangat disukai oleh search engine seperti google, karena isi blog yang selalu fresh/update sehingga membuat blog akan rajin di indeks oleh mesin pencari.

Sedangkan website adalah halaman web yang sifatnya statis dengan konten yang full. Website biasanya digunakan untuk keperluan perusahaan, ada juga yg menggunakan untuk halaman fans. Dengan kemajuan web saat ini, website tidak lagi bersifat statis karena kebanyakan sudah menggunakan fitur-fitur layaknya blog.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

© Saepul Ridwan, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena